Suka gemes deh lihat orang yang ngaku-ngakunya jadi Praktisi Public Relations, tapi tidak mengetahui esensi dari PR itu sendiri. Nih ya, Public Relation adalah proses interaksi dimana PR menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya. Crystallizing Public Opinion menyebutkan bahwa public relation adalah profesi yang mengurusi hubungan antara suatu perusahaan dan publiknya yang menentukan hidup perusahaan itu (Widjaja,2001).

Public Relations berbeda dengan Humas, dilihat dari pengertian secara harfiah pun sudah berbeda. Jika biasanya Humas menjalankan kegiatan one-way-communication, beda halnya dengan Public Relations yang menjalankan kegiatan two-way-communications. Industri Public Relations sedang berkembang dengan pesat di Indonesia, makin banyak perusahaan yang sudah sadar akan tugas PR yang sebenarnya, bukan hanya sekedar sebagai ‘pajangan’ perusahaan saja. Maka dari itu saya membuat halaman khusus mengenai dunia Public Relations, dimana saya juga mempunyai passion di dalamnya.

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s