PENCERNAAN SEHAT, AWAL HIDUP SEHAT

KONSTIPASI

Pernahkah anda merasa kesulitan buang air besar? Mungkin anda mengalami  konstipasi. Apa itu konstipasi? Sebelum kita bicara lebih lanjut mengenai konstipasi itu sendiri, kita harus mengetahui sistem pencernaan kita mulai dari mulut sampai anus. Fungsi dari seluruh sistem pencernaan itu adalah mencerna makanan yang masuk, menyerap sari makanan, dan melakukan eliminasi atau mengeluarkan zat sisa.

Konstipasi adalah gejala defekasi yang tidak memuaskan, ditandai dengan buang air besar kurang dari 3 kali dalam 1 minggu atau kesulitan dalam evakuasi feses akibat feses yang keras. Sistem pencernaan mempunyai waktu transit. Ternyata bukan manusia saja  yang melakukan sistem transit ini, namun sistem di dalam tubuh manusia pun melakukan transit. Sistem transit adalah sebuah proses mekanis (bukan kimiawi) dimana makanan melewati sistem pencernaan.

Waktu transit setiap orang berbeda-beda, faktor yang mempengaruhi masa transit adalah kehamilan, makan dan minum tidak teratur, kurang serat, stres, kurang aktivisas fisik, diet tidak seimbang (makan junk food terlalu sering). Wanita rentan terkena konstipasi dibandingkan pria karena wanita mengalami masa kehamilan dan mudah depresi dibandingkan pria. Konstipasi dapat mengakibatkan ambein. Tentunya anda tidak mau kan merasa ‘duduk salah berdiri salah’? Maka dari itu mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga.

PROBIOTIK & YOGURT

Di dalam tubuh manusia terdapat 2 bakteri, bakteri yang baik dan bakteri yang jahat. Bakteri yang baik akan memelihara dinding usus, sedangkan bakteri jahat akan mengganggu bakteri baik dan merusak dinding usus. Jadi diharapkan adanya keseimbangan, bahkan diharapkan bakteri baik lebih banyak daripada bakteri jahat. Bakteri yang baik ada dalam probiotik, probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya.

Probiotik biasanya ada di dalam yogurt. Saat ini yoghurt telah menjadi bagian dari gaya hidup, yoghurt menjadi camilan sehat dan tidak dijauhi seperti dulu karena yogurt zaman sekarang sudah dikembangkan dan bervariasi. Mitos yang beredar di masyarakat bahwa yogurt terbuat dari susu basi adalah kurang benar karena yogurt yang baik adalah yogurt yang terbuat dari susu segar. Yogurt juga dapat dikonsumsi oleh semua umur, bukan hanya dewasa saja dan yogurt tidak menyebabkan penyakit maag karena asam yang ada di dalam yogurt mempunyai kandungan ph yang tidak tinggi dan menyeimbangkan asam lambung di dalam tubuh sehingga baik untuk pencernaan.

Activia dari Danone merupakan satu-satunya yoghurt yang mengandung bakteri aktif (probiotik) Bifidus animalis lactis, probiotik ini direkomendasikan oleh Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia untuk mengatasi sembelit/konstipasi secara alami (Konsensus PGI 2010). Probiotik ini terbukti secara ilmiah membantu melancarkan pencernaan. Activia tersedia dalam 2 varian, green tea dengan potongan kiwi dan green apple serta Lychee dengan potongan Aloe Vera.Tinggal pilih yang anda suka, enak dan sehat ! Bye bye konstipasi ! Welcome healthy living !

4 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s